Selasa, 06 Juni 2023

PLBJ Kolaborasi Delapan Mata Pelajaran

                               X PKM
                                X AKL
     

PLBL atau Project Based Learning adalah modwl pembelajaran yang menjadikan peserta didik sebagai subjek atau pusat pembelajaran, menitikberatkan prosea belajar yang memiliki hasil akhir berupa produk. Dimana peserta didik diberikan kebebasan dalam menentukan aktivitas belajar, mengerjakan proyel secara bersama-sama atau kolaboratif sampai menghasilkan produk. 

Dalam mengerjakan proyek sehingg menghasilkan produk dibutuhkan keaktifan, kreativitas, dan kerjasama yang baik antar peserta didik.

Tahun ini adalah PJBL pertama yang dilakukan siswa kelas X khususnya kelas X AKL dan X PKM semoga akan terlaksana juga PJBL-PJBL di mapel dan kelas berbeda.

PJBL kali ini adalah kolaborasi 8 mapel yaotu Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris,Informatika, Akuntansi Dasar, Perbankan Dasat, Spearsheet, dan Etika Profesi.

Dari 8 mapel tersebut semua memberikan tugas Dan penilaian terhadap proyek yang dikerjakan peserta didik. Adapun yang tugas dan yang akan dinilai dari masing-masing guru mapel yang terlibat adalah

  1. Bahasa Indonesia dari segi wwancara memberikan mulai dari pertanyaan, gestur saat bertanya, respon saat menjawba pertanyaan terhadap bank dan UMKM;
  2. Akuntansi Dasar dan Perbankan serta spearsheet menghitung laba rugi dan neraca;
  3. Informatika, bagaimana siswa membuat infografis yang menarik;
  4. Bahasa Inggris , bagaimana siswa mempersentasikan hasil proyek menggunakan bahasa Inggris;
  5. Etika profesi, bagaimana adap siswa saat melakulan wawancara atau menggali i nformasi dan penampilan

Dalam melaksanakan proyek peserta didik terlebih dahulu melakukan obervasi. Karena peserta PJBL adalah kelas AKL dan PKM maka observasonya dilakukan ke Lembaga Keuangan (Bank) dan UMKM pada hari Kamis dan Jum’at tangga 11 & 12 Mei 2023 mulai pukul 08.00 s/d Selesai. Dengan memakai pakaian Seragam Sekolah / Pakaian Bebas dengan menggunakan atribut sekolah (Almet/ Name Tag Sekolah).

saat melakukan observasi peserta didik harus menggali i formasi sebanyak-banyaknya dari narasumber baik di Bank maupun UMKM. Adapun daftar nama Bank yang akan mereka kunjungi adalah sebagai berikut :

Kelas X AKL

Kelas 10 PKM

 

Sedangkan untuk UMKM peserta didik mencari dan menentukan sendiri UMKMnya yang berada di sekitar sekolah atau rumah masing-masing. Setelah melakukan observasi selanjutnya peserta didik membuat infografis, PPT dari Bank dan UMKM serta membuat perhitungan laba rugi serta neraca dari UMKM tersebut.

Untuk laporan hasil observasi dari tiap tim haris diunggah atau dikirim ke link drive yang sudah ditentukan dan diinfokan sebelumnya.










Dari persentasi yang dilakukan siswa alhamdulillah secara keseluruhan mereka sudah berhasil melaksanakn tugas proyek yang diberikan. Dari ekpresi yang mereka berikan menunjukkan keberhasilan mereka akan proyek yang sudah dilaksanakan.

Semoga akan ada PLBJ-PLBJ selanjutnya



Tidak ada komentar:

Posting Komentar