Supervisi adalah usaha yang
bertujuan untuk memberikan layanan kepada guru-guru agar mampu memperbaiki metode
pengajaran dan kurikulum. Sedangkan supervisi pada guru adalah usaha memberikan
pelayanan kepada peserta didik agar guru lebih profesional dalam menjalankan
tugasnya.
Yang menjadi supervisor adalah
kepala sekolah atau wakur atau yang ditunjuk oleh kepala sekolah. Untuk guru
supervisi yang dilakukan adalah supervisi pengajaran yaitu kegiatan
kepengawasan yang berfungsi memperbaiki kondisi untuk mencapai tujuan
pembelajaran.
Adapun tujuan diadakannya supervisi bagi guru yang
disupervisi adalah
- Membina guru untuk lebih memahami tujuan dari Pendidikan;
- Membantu guru meningkatkan kesanggupan dan kemampuan guru untuk mempersiapkan bahan ajar yang baik dan menarik;
- Membantu guru mengevaluasi kegiatan atau aktivitasnya dalam menumbuh kembangkan kemampuan peserta didik;
- Meningkatkan kesadaran guru bagaimana bekerja yang koperatif dan demokratis;
- Membantu guru dalam mendiagnotis kesulitan apa saja yang dialami guru saat mengajar sekaligus cara mengatasinya;
- Meningkatkan komunikasi dan saling mengawasi dalam satu manajemen sekolah.
Untuk manfaat diadakannya supervisi
yaitu untuk meningkatkan mutu Pendidikan , Untuk meningkatkan kemampuan guru
dalam membimbing dan memimpin peserta didik,
menjadi penggerak untuk guru -guru agar lebih efektif dalam
pengajarannya, untuk mendapatkan solusi dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan
yang dialami guru saat proses KBM.
Kebetulan hari ini saya
disupervisi oleh wakakur sesuai dengan pemberitahuan dan jadwal yang sudah
ditentukan. Sebelum disupervisi oleh supervisor saya harus mempersiapakan :
- Mental saya terlebih dahulu agar rileks saat disupervisi nanti;
- Mempersiapkan perangkat supervisi lembar isian pra dan pasca supervise, buku pelajaran, alat tulis modul ajar, ppt, dan LKPD;
- Mempersiapkan peralatah yang mendukung lainya seperti leptop, kabel roll, pointer, proyektor sekolah;
- Mempersiapkan ice breaking yang menarik buat dilakukan siswa sekaligus membuat siswa fokus dan gembiranya tentunya;
- Mempersiapkan siswa dengan memberitahukan bahwa saya akan disuversi di kelas mereka oleh wakur dengan materi puisi, agar kelas dapat dikondisikan.
Supervisi dilakukan jam ke 4 dan 5
di kelas 10 PKM. Tepat pukul 10.33 saya sudah berada di kelas dan mempersiapkan
apa yang perlu, menyiapkan ppt dengan menyalakan leptop dan proyektor limat
menit kemudian supervisor memasuki kelas dan saya pun memulai supervisi dengan
- Memberi salam
- Menanyakan kabar sekaligus absensi siswa dan mendoakan yang berhalangan hadir karena sakit agar segera diangkat penyakitnya sehingga besok bisa masuk kembali
- Meminta siswa untuk melakukan ice breaking, ice breaking kali ini saya pilih ganjil genap dimana setiap siswa harus berdiri berpasangan berhadap-hadapan dan menentukan siapa yang ganji,dan siapa yang genap kemuadian yang ganjil saya minta angkat tanggan untuk mengingatkan posisi mereka selanjutnya saya meinta mereka meletakkan tangan kiri dibelakan tubuh kemudian tangan kanan seolah-oleh bersalaman tapi tidak bersentuhan. Kemudian saya akan menyebutkan angka jika saya sebutkan angka ganjil makan yang tadi posisi genap akan menangkap tangan si ganjil sedangkan si ganjil harus berusaha menghindar dan begitu pun sebaliknya. Ice breaking yang dilakukan membantu siswa agar fokus mengingat bilangan ganjil dan genap juga bergerak sehingga siswa yang tadi mengantuk dan lemas bersemangat Kembali
- Saya menanyakan materi yang sudah dibahas sebelumnya kemudian meminta satu atau dua orang untuk menyampaikannya.
- Memberikan pertanyaan pemantik , karena materi saat ini adalah puisi maka pertanyaan yang saya lontarkan adalah apa yang kamu ketahui tentang puisi? Apa itu puisi dan apa saja unsur unsur puisi, apa isi puisi. Alhamdulillah siswa mampu menjawab pertanyaan yang dengan baik walupun ada beberapa yang kurang sesuai tapi sudah membuat saya semangat melanjut supervisi
- Setelah tanya jawab saya menyampaikan materi puisi dengan menayangkan ppt yang telah saya buat semenarik mungkin.
- Siswa saya ,minta duduk berdasakaan kepompoknya kemudian saya membagikan LKPD untuk diketjakan secara kelompok atau diskusi. Namaun sebelum diskusi saya menjelaskan kriteria penilain saat mengerjakan tugas kelompok yaitu kekompakan, Kerjasama, kreatif. Selanjutnya sayan meninta satu siswa untuk membacakan puisi yang saya bagikan dengan judul “Dengan Puisi, Aku” yang lain mendengarkan kemudian menjawab pertanyaan yang Sudah tertera di LKPD secara berkelompok.
- Setelah diskusi lebih kurang 30 menit kemudian persentasi bagi kelompok yang sudah selesai yang belum dilanjutkan di pertemuan berikutnya.
- Meminta siswa menyampaikan kesimpulkan yang diambil dari materi puisi.
Alhamdulillah supervisi saya hari
ini berjalan lancar tanpa kendala yang berarti padahal sebelum supervisi saya
sangat gugup dan deg-degan sampai bolak-balik kamar mandi. Walupun sudah setiap
hari mengajar tetap saja saat disupervisi masih gugup.
Mudah-mudahan nilai supervisi saya kali ini lebih baik dari supervisi
semester ganjil kemarin amiin.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar