Bismillahi roh manirrohim
Menulis adalah suatu kegiatan untuk mengungkapkan ide atau
gagasan yang kita miliki. Sedangkan tujuan menulis adalah untuk menghasilkan
karya buku yang akan disajikan pada para pembaca. Dalam menghasilkan suatu karya kita harus
memahami apa yang diinginkan atau yang diminati oleh masyarakat, agar buku yang
kita tulis benar-benar dinikmati dan sebagai sesuatu yang sangat dibutuhkan
dari berbagai kalangan.
Setelah buku ditulis dan diterbitkan tentunya Langkah
selanjutnya adalah Pemasaran Buku. Alhamdulillah pada pertemuan malam ini
materi Pemasaran Buku disampaikan oleh akhlinya yaitu Bapak Agust.
Subardana S. E., M. M biasa dipanggi
dengan Pak Agus. Beliau adalah seorang Direktur dan Marketing penerbit ANDI selama
18 tahun 2 bulan. Beliau juga pernah menjadi dosen tidak tetap di STIE Wiyata
Mandala Jakarta.
Buku merupakan salah satu sumber ilmu pengetahuan dan sarana
utama bagi proses pembelajaran serta sarana
penyampaian informasi. Sejak usia dini, anak – anak telah diperkenalkan
pada buku dan diajarkan untuk membaca beraneka ragam terbitan buku. Mulai dari
buku cerita , buku komis, buku mewarnai, buku pelajaran, kitab suci, dan masih
banyaj jenis buku lainnya.
Dalam rangka mempersiapkan generasi muda yang cerdas dengan
minat baca yang tinggi khususnya anak-anak, pemerintah mendorong kegiatan
membaca sebagai wujud dukungan dan tindakan nyata dalam membangun budaya
membaca sejak dini. Dukungan pemerintah terhadap budaya membaca buku dan
meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap buku, menciptakan peluang usaha bagi
pengusaha yang bergerak di bidang penerbitan buku.
Dalam rangka
untuk mempertahankan Industri Penerbitan Buku , supaya tetap terus hidup dan
dapat mencapai hasil penjualan buku yang maksimal maka kita perlu strategi pemasaran. Srategi Pemasaran
biasanya hampir dipakai oleh semua wirausaha, intreprenur yang menjalankan
bisnis.
Strategi
pemasaran penjualan buku sangat dipengaruhi oleh banyak aspek dan unik . Kenapa
demikian , hal ini dapat dilihat dari jenis – jenis buku yang di terbitkan.
Jenis – jenis buku yang di terbitkan tersebut dikelompokan menjadi katagori
buku. Salah satu contoh Penerbit ANDI Offset menerbitkan buku cukup banyak
katagori produk yaitu ada 32 katagori produk buku ( Katagori buku Anak, buku
Bisnis, Buku Pertanian, Buku Fiksi - Novel, Buku Pengembangan Diri, Buku Teks ,
dan lain sebagainya ).
Dari jenis – jenis katagori buku tersebut disinilah dapat
dilakukan pemetaan berdasarkan segmentasi jenis katagori buku yang diterbitkan
. Pada umumnya kegiatan pemasaran buku berkaitan dengan berkoordinasi beberapa
kegiatan bisnis . Sehingga strategi
pemasaran pada umumnya di pengaruhi oleh faktor yang meliputi :
1. Faktor Mikro
, yaitu perantara, pemasok, pesaing dan masyarakat.
2. Faktor Makro yaitu demografi-ekonimi, politik-hukum, teknologi-fisik dan sosial-budaya.
Dalam
menjalankan bisnis Penerbitan Buku harus memperhatikan kedua faktor tersebut
yaitu Faktor Mikro dan Makro. Berdasarkan kedua factor tersebut strategi pemasaran
buku dapat dipetakan menjadi dua strategi pemasaran yaitu Strategi Pemasaran
Buku serangan Udara dan strategi pemasaran buku serangan Darat.
1. Strategi Pemasaran
Buku Serangan Udara. (On Line )
a. Pemasaran buku
lewat Online
Saat terjadi pendemi Covid 19 melanda
dunia , mau gak mau dunia bisnis harus bisa mengikuti perkembangan era digital,
bisnis tidak akan bisa survive jika tidak mengikuti kemajuan zaman dan juga
keinginan customer maka akan
dipastikan usaha tidak sebaik dulu. Zaman dulu iklan dengan brosur dan baliho
besar ada dimana - mana, sekarang cara mengiklan ataupun kampanye jauh lebih
mudah. Kenapa bisa lebih mudah?
Karena dengan adanya internet membawa perkembangan yang signifikan bagi
kehidupan.
Digital marketing merupakan teknik
pemasaran terkini, yaitu sebuah teknik memasarkan produk atau jasa dengan mengandalkan
media online atau internet.
Jenis-jenis digital marketing yang dapat terapkan antara lain
:
1. Content marketing adalah salah satu
jenis digital marketing yang berfokus pada pembuatan dan pendistribusian konten
untuk target pasar tertentu. Tujuannya adalah untuk menarik aksi menguntungkan
dari calon pembeli potensial. Ada banyak pilihan content marketing mulai dari
blog, podcast, infografik, dan lainnya.
2. Search Engine Optimization (SEO). SEO
bisa menjadi strategi menarik pengguna internet untuk mengunjungi website
Penerbit Andi Offset (andipublisher.com) dan kemudian membeli produk yang ditawarkan.
3. Search Engine Marketing (SEM)
merupakan upaya untuk mengoptimasi website di mesin pencari, Search Engine
Marketing (SEM) merupakan strategi pemasaran digital yang bertujuan meningkatkan
visibilitas website di hasil pencarian mesin pencari atau yang dikenal dengan
istilah SERP.
4. Social media marketing memanfaatkan
berbagai platform media sosial untuk promosi dan pemasaran suatu brand. Kita
bisa menerapkan social media marketing di beberapa platform media sosial
seperti Facebook, Instagram, Tiktok dan lainnya.
5. Kadang - kadang supaya lebih menarik
Salah satu metode promosi jualan online yang sering dilakukan oleh pedagang
adalah dengan membuat pantun jualan. Pantun sebagai sarana promosi jualan
online juga sangat ampuh untuk menarik calon konsumen, khususnya anak muda.
Apalagi, hampir semua orang saat ini sudah sangat fasih menggunakan media
sosial sehingga pemasarannya jauh lebih mudah.
Contoh
pantun Jualan di Media Sosial supaya menarik perhatian :
Di
taman ada banyak kumbang
Di
kali banyak buaya
Janganlah
ragu ataupun bimbang
Toko
online ini bisa dipercaya
6. Email Marketing. strategi marketing yang satu ini menggunakan
media email untuk bisa menjangkau lebih banyak pelanggan.
Instant
messaging marketing bisa menjadi pertimbangan saat hendak melakukan promosi dan
pemasaran produk secara online. Ini merupakan tren komunikasi masa kini, di
mana bisa memanfaatkan penggunaan Whatsapp, Facebook Messenger, WeChat, dan
platform messenger lainnya.
7. Influencer Marketing . Kehadiran
influencer membawa pengaruh besar pada para fans dan pengikutnya. Orang-orang
akan lebih tertarik menggunakan barang yang digunakan atau ditawarkan oleh
seorang influencer.
8. Video marketing untuk melengkapi
strategi pemasaran digital yang sedang dijalankan. Video menjadi salah satu
media yang bisa kami gunakan untuk tujuan promosi dan pemasaran.
9. Penerbit Andi Offset mempunyai Chanel TV Youtube Nama Chanel Youtube TV. ANDI AKADEMI, Pemasaran melalui channel Youtube juga dinilai sangat efektif karena orang-orang menghabiskan waktu yang lumayan lama di hp android . Saat ini bahkan kita bisa menonton acara secara online melalui layanan live streaming.
Untuk penjualan buku lewat Online harus proaktive untuk terus
promosi , supaya dapat:
- Menyebarkan informasi produk secara masif kepada target pasar potensial
- Mendapatkan konsumen baru dan mempertahankan konsumen yang sudah sehingga kesetiaan konsumen terjaga.
- Menjaga
kesetabilan penjualan saat kondisi pasar lagi lesu
- Menaikkan
penjualan dan profit
- Membandingkan
dan keunggulan produk dibandingkan dengan pesaing
- Membentuk
citra produk dibenak mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan
- Mengubah tingkah laku , persepsi dan pendapat konsumen
- Menyelenggarakan Lomba ( lomba Bikin Film Pendek Bagi Pelajar Indonesia.. dengan hadiah yang cukup menarik misalnya.
b. Pemasaran Buku
Lewat Komunitas
Penulis tentunya punya komunitas masing – masing sesuai dengan kapasitasnya untuk membentuk komunitas dan relasi , maka gunakanlah jaringan komunitas untuk sarana promosi dan penjualan buku . Penjualan lewat komunitas akan lebih efektive dan efisien sehingga tingkat keberhasilan nya lebih tinggi penjualan buku yang kita tawarkan. Kuncinya kita harus proaktive komunikasi dan interaksi dengan komunitas serta dapat menjaga integritas pribadi kita. Contoh : Komunitas Arisan, Komunitas Guru , Pelajar , Mahasiswa dll
c. Strategi pemasaran
buku serangan Darat (OF LINE ).
Untuk menguasai seluruh wilayah
nusantara ini dalam penetrasi pasar buku , harus melakukan pemetaan wilayah
dengan membuka cabang tiap kota besar yang potensi pasarnya sangat baik, dengan
menempatkan tenaga pemasaran di tiap kantor cabang tersebut.
Strategi pemasaran buku serangan darat berdasarkan target pasar yang tuju
dapat kelompokkan, menjadi :
1. Toko Buku
Penerbit
Buku yang mampu memproduksi sendiri dan mempunyai mesin percetakan sendiri ,
sebagian besar sebagai pemasok Toko buku di Indonesia. Untuk bisa masuk dan
sebagai pemasok rutin di toko buku maka perlu pemetaan jenis toko buku. Toko
buku ini dipetakan menjadi tiga jenis yaitu Toko Buku Modern, Toko Buku Semi
Modern, dan Toko Buku Tradisional.
Kenapa perlu petakan jenis toko buku tersebut , hal ini dikarenakan tiap jenis toko buku tersebut mempunyai sistem administrasi dan tempat yang berbeda. Contoh toko buku modern yaitu Gramedia Books Store, Gunung Agung Books Store dan TogaMas Books Store.
Toko Modern mempunyai sistem transaksi mengikuti perkembangan teknologi yang dapat dikendalikan dengan sistem centralisasi dan sebagainya. Adapun toko buku semi modern biasanya masih dikendalikan dan mengunakan sistem administasi penjualan pertoko. Sedangakan Toko Tradisional biasanya sistem transaksinya masih manual. Untuk itu saluran toko buku tersebut masih dijadikan jalur distribusi oleh para penerbit buku dengan sistem titip jual/konsinyasi, kecuali toko buku tradisional diberlakukan kredit dan jual putus.
Strategi Promosi di toko
buku Modern ada berbagai macam cara yang perlu dilakukan , antara lain :
- Menguasai display buku , supaya tampilan buku dapat terlihat dan
menonjol .
- Mengadakan promosi di internal toko dengan
memasang produk di Neon Box, X Banner
- Mengadakan Bedah Buku , Talkshow dan
potongan Harga pada buku tertentu atau periode tertentu.
- Mengadakan event tematik sesuai moment
bulan berjalan (program Ramadhan,
Program TAB, Program TAM , dll )
- Dan masih banyak lagi program promosi di toko buku modern yang dapat kita lakukan , kuncinya kita proaktive komunikasi dengan pihak internal Toko Buku modern tersebut.
2. Direct Selling / Kunjungan Langsung
Pemasaran
Buku melalui Directselling ini dibedakan
berdasarkan jenis katagori buku yang diterbitkan . Jenis Katagori buku
penjualan lewat Directselling dibagi menjadi beberapa target pasar yaitu :
- Buku Pendidikan (Buku mata pelajaran Utama
dan buku pendamping untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK).
- Buku Teks Perguruan Tinggi untuk semua mata kualiah
- Buku Referensi untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA-SMK, Perguruan Tinggi dan umum
Dengan membedakan jenis
katagori tersebut sebagai Industri Penerbitan buku melakukan terobosan
pemasaran dengan menempatkan tenaga penjual (Sales) .
Tugas Tenaga Penjual /
sales tersebut diberi tanggungjawab target sesuai maping areanya masing –
masing yang bertugas :
- Kunjungan langsung ke tiap sekolah
- Kunjungan langsung ke setiap kampus
- Kunjungan langsung ke setiap Perpustakaan
sekolah, Perpus Kampus, Perpustaan Daerah dan lain-lain.
- Dengan kunjungan langsung tersebut diharapkan dapat berinteraksi dengan membangun hubungan yang baik dengan pihak Internal Sekolah, Kampus, Perpustakaan dan lain-lain. Sehingga dampaknya hasil penjualan buku dapat meningkat.
3. Melakukan Event – Event
Aktif dalam melakukan event – event seperti event Pameran buku, dalam seminar, workshop, Tryout, dan sebagainya. Kontent marketing adalah salah satu jenis digital marketing yang berfokus pada pembuatan dan pendistribusian konten untuk target pasar tertentu. Tujuannya adalah untuk menarik aksi menguntungkan dari calon pembeli potensial. Ada banyak pilihan content marketing mulai dari blog, podcast, infografik, dan lainnya.
Agar konten
yang dimiliki bisa dilihat oleh orang banyak dapat dilakukan dengan cara mengaitkan
apa yang ditulis dengan yang lagi hits atau ngetren saat ini, menulis di web
yang bisa digunakan untuk tanya jawab, juga aktif di media sosial.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar