Selasa, 24 Januari 2023

PERBUATAN BAIK BERASAL DARI ORANG BAIK

 PERBUATAN BAIK BERASAL DARI ORANG BAIK

 


Perbuatan baik berasal dari orang baik jadi berprasangka baiklah sehingga kebaikan menghampiri kita sesuai dengan sabda Rasullah saw yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah bahwa Allah berfirman “Aku (Allah) sesuai dengan prasangka hamba pada-Ku.” Dengan kata lain jika kita berprasangka baik  maka Allah pun akan berprasangka baik kepada kita begitupun sebaliknya jika kita berprasangka butuk maka Allah oun akan berprasangka buruk kepada kita.

Perbaikan baik adalah perbuatan yang bermanfaat bagi orang lain baik besar maupun kecil.

Ada pun Orang yang enggan atau sungkan melakukan kebaikan karena tidak biasa melakukannya karena seperti pepatah mengatakan ala bisa karena biasa. Berikut adalah tips yang dapat dilakukan jika kita ingin berbuat baik.

1.      Perbuatan baik berawal dari pemikiran positif yang baik cobalah berprasangka baik

2.      Jangan menganggap remeh kebaikan kecil karena setiap kebaikan yang kita lakukan akan mendapatkan ganjaran walupun hanya sebiji sawi.

3.      Menghindari perbuatan buruk. Bagaimana kita mau melakukan perbuatan baik jika kita sendiri selalu berteman dengan orang yang tidak baik bahkan melakukan perbuatan buruk.

4.      Jangan menjauh dari tuhan mintalah petunjuk dan tuntunan kepada-Nya. Agar kita memiliki kemantapan hati untuk melakukan perbuatan baik dan segera lakukan perbuatan baik tersebut.

 

Contoh sederhana perbuatan baik  yang dapat kita lakukan dalam kehidupan sehari hari.

1.      Perbuatan baik buat diri sendiri : Rajin beribadah dan berdoa, rajin, jujur, dan lain-lain.

2.      Perbuatan baik buat orang lain : saling menghargai, meghormati, membantu, memaafkan, berbagi dan lain sebagainya.

3.      Perbuatan baik untuk alam : menjaga kebersihan, memelihara lingkungan.

Semoga kita menjadi orang baik sehingga bisa berbuat baik setiap saat. Aamiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar